Powered By Blogger

Kamis, 02 Februari 2012

Cas Cis Cus tentang Seniman Jalanan

Okee, kita mulai menggoyangkan pena di atas kertas putih, yap menulis. Tapi lebih tepatnya mengetik kale ya, karena pake keyboard. Ya, sekarang gue mulai menulis, atau curhat, atau bercerita, ya apapun itu, untuk mewarnai blog gue yang baru. Baru? ? Are you joke? ? Kemane aje bu baru punya blog? ? Yes, this is my new blog. Kenapa? Korpus mulai mengingatkan ke gue tentang asyiknya nge-blog, setelah lama gue vacuum. Blog saya yang lama ilang dari peradaban dunia maya, blog masa2 ketika saya masih imut2 hehe masa2 putih biru cuy, lagi puber2nya (intinya, gue lupa ama password blog gue yang lama). So, sekarang mari kita perbaiki. Bersedia, siap, mulai (iya kaleee, berasa mau lomba marathon). Aah becanda mulu nih, abaikan hal tadi yaa maklum obatnya abis. Ayo kita serius, SERIUS ! ! ! !

Guys, do you know? ? Gue lagi G to the A to the L to the A to the U alias GALAU.  Kegalauan gue muncul hari ini (tiap hari kalee galau mulu), karena melihat sosok2 seniman jalanan. Mereka melantunkan nada2 yang syairnya menusuk hati. Gue tertegun (ceileh, biasanya juga cengok bilangnya haha gaya dikit mas dan mbakyu). Disuguhi lagu galau kaya gitu ama para seniman jalanan, bikin gue galau dan terharu #halah, opo to ver# lanjut.
Ehem2, jadi gini, pada suatu hari tepatnya hari Kamis 20 Oktober 2011 gue melakukan suatu perjalanan panjang pulang ke habitat (baca, Tangerang). Setelah merantau berabad-abad di kota hujan akhirnya gue bisa pulang, memberi peluk cium buat mama, bapak, dan adek gue. Horeeeeeee #histeris berasa UTS dapet A semua, amiiin Ya Allah.
Pas perjalanan dari Kampus IPB Dramaga menuju London alias Laladon, gue diajak ngebolang ama abang2 angkot lewat jalan gorong2 agar ga kena macet. Lumayan sutrisno (baca, stress), gue udah bĂȘte, gundah, gulana, cape banget pokonya. Pas turun di Laladon, gue melanjutkan perjalanan gue ke Stasiun Bogor. Abang2 angkot 03 ini, kayanya jebolan asisten atau bimbel ama Michael Shumacker. Gimane engga, ngebut cuy ngebuuuuuttt menerobos, selap selip, wusssshhhh.
Beralih ke stasiun, gue langsung beli tiket kereta dan nyari kereta jurusan Jakarta Kota. Alhamdulillah dapet tempat duduk Ya Allah (sambil sujud syukur dan berlinang air mata). Wew, udah naek Commuter Line masih aja ada pengamen. Tapi, Yaa Salam, tuh pengamen dah kaya anak band. Bawa biola, tam2, gitar, n penampilan mereka rapi. Mereka bawain lagu2 klasik n pop boo, n you know what? Performa mereka kerrreeeeennnn abiiiissss.
Sejenak pikiran gue melayang, banyak band2 baru, suara pas2an, tampang berantakan, maen musik ya ga memuaskan. Mereka bikin lagu yang penting bisa bunyi, n punya modal buat masuk dapur (lu kata mau masak), dapur rekaman kaleeee. Kalo dibandingin, kelompok seniman jalanan yang gue lihat ini lebih punya potensi dibanding “band2 alay zaman sekarang”. Melodi dari dawai biola mereka lembut menyentuh, petikan gitar mereka pun sesuai, mereka ga pake drum melainkan Cuma pake tam2, tapi asyik ga bikin telinga sakit. Suara? Style? Ga kalah jeng, vocal mereka keren, and then style mereka ga kalah keren ama band2 papan penggilesan #papan atas maksud gue.
Maybe karena mereka kagak punya modal atau dianggap remeh. Padahal, mereka tuh seniman jalan yang berkualitas, ga cuma bertujuan asal nyanyi dan minta belas kasih aja, tapi mereka juga menghibur. Ga saying deh ngeluarin uang sebagai wujud apresiasi atas performa mereka. Jujur, band2 sekarang tuh kebanyakan cuma asal aja, yang penting bisa masuk dapur rekaman. Dunia musik Indonesia kayanya tambah “merosot”. Bahkan, temen gue bilang, “bagusan pengamen yang nyanyiin lagu2nya dibanding penyanyi aslinya hehehe.”
Hem, gue pun mikir lagi, apa kabarnya ya dunia music ini kalo ternyata yang berpotensi terus terbuang, sedangkan yang “abal” malah direcruit ckckckckck #bingung ver, pegangan dan jongkok gih dah#
Mungkin temen2 di luar sana ada yang bisa bantu gue, solusi apa gitu kira2 supaya mereka yang berpotensi ga tertinggal lagi. Comment aje yeee, semangaaaaaaatttt.

Tidak ada komentar: